POSTUR TUBUH NABI SAW
Anas bin Malik r.a. meriwayatkan:
Postur tubuh Rasulullah tidak terlalu tinggi dan tidak pendek. Kulit beliau tidak terlalu putih dan tidak gelap. Rambut beliau tidak terlalu keriting dan tidak lurus tergerai. Allah SWT mengutus beliau, sebagai rasul, ketika beliau memasuki usia yang ke-40 puluh. Beliau tinggal di Mekah selama 10 tahun dan di Madinah selama 10 tahun. Beliau wafat dalam usia 60 tahun, sementara uban di rambut dan jenggot beliau tidak mencapai 20 helai.
(HR Tirmidzi, Bukhari, Muslim, Malik dan Ahmad)
(HR Tirmidzi, Bukhari, Muslim, Malik dan Ahmad)
Anas bin Malik meriwayatkan:
Rasulullah memiliki perawakan yang sedang, tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu pendek. Tubuh beliau menarik. Rambut beliau tidak terlalu keriting dan tidak pula lurus tergerai. Warna kulit beliau coklat. Ketika berjalan, tubuh beliau bergoyang.
(HR Tirmidzi, bukhari, Muslim dan Ahmad)
(HR Tirmidzi, bukhari, Muslim dan Ahmad)
RAMBUT NABI SAW
Al Bara’ bin Azib r.a. meriwayatkan:
Saya belum pernah melihat seseorang yang ujung rambutnya menyentuh bagian bawah telinganya serta mengenakan baju berwarna merah yang lebih gagah dibanding Rasulullah. Rambut beliau sepundak, tubuh diantara kedua bahunya lebar dan postur tubuh beliau sedang (tidak pendek dan tidak tinggi).
(HR Tirmidzi, Muslim dan Abu Dawud)
(HR Tirmidzi, Muslim dan Abu Dawud)
Ali bin Abi Thalib meriwayatkan:
Postur tubuh Rasulullah tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu pendek. Beliau memiliki perawakan yang sedang dibanding kaumnya. Rambut beliau tidak terlalu keriting dan tidak terlalu lurus tergerai.
Rambut beliau tergerai. Beliau berambut ikal, tidak gemak dan wajah beliau tidak terlalu bulat.
(HR TIrmidzi, Ibnu Sa’d dan Baihaqi)
Rambut beliau tergerai. Beliau berambut ikal, tidak gemak dan wajah beliau tidak terlalu bulat.
(HR TIrmidzi, Ibnu Sa’d dan Baihaqi)
Anas bin Malik meriwayatkan:
Panjang rambut Rasulullah sampai di tengah telinga beliau.
(HR Tirmidzi, Muslim, Abu Dawud, Nasa’I dan Ahmad)
(HR Tirmidzi, Muslim, Abu Dawud, Nasa’I dan Ahmad)
Diriwayatkan bahwa Aisyah berkata:
Saya pernah mandi bersama Rasulullah dari satu wadah (air). Beliau memiliki rambut yang panjangnya tidak sampai di pundak dan tidak sampai di bagian bawah daun telinga.
(HR Tirmidzi, Ibnu Majah, Abu Dawud dan Ahmad)
(HR Tirmidzi, Ibnu Majah, Abu Dawud dan Ahmad)
Bara’ bin Azib meriwayatkan:
Rasulullah memiliki postur yang berukuran sedang (tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu pendek), bagian badan diantara kedua pundaknya lebar, rambut bagian depan beliau sampai di bagian bawah daun telinganya.
(HR Tirmidzi, Bukhari, Muslim dan Nasa’i)
(HR Tirmidzi, Bukhari, Muslim dan Nasa’i)
Qatadah bertanya kepada Anas bin Malik, “Seperti apa ciri cirri rambut Rasulullah?” Anas menjawab, “Rambut Rasulullah berada di tengah tengah antara keriting dan lurus, sementara panjangnya mencapai bagian bawah daun telinganya” (HR Tirmidzi, Bukhari, Muslim, Nasa’I dan Ahmad)
Ummu Hani’ binti Abu Thalib meriwayatkan:
Pada saat fat-hu Makkah (penaklukkan kota Mekah) Rasulullah memasuki kota Mekah dengan Rambut yang diikat menjadi 4 bagian.
(HR Tirmidzi, Abu Dawud dan Nasa’i)
(HR Tirmidzi, Abu Dawud dan Nasa’i)
Ibnu Abbas meriwayatkan:
Pada awalnya, Rasulullah biasa membiarkan rambut beliau tergerai. Saat itu, orang orang musyrik merapikan rambut mereka, sementara Ahlul-Kitab selalu membiarkan rambut mereka tergerai. Rasulullah leibh suka meniru prilaku Ahlul Kitab selama belum ada ketentuan dari Allah. Kemudian Rasulullah selalu merapikan rambut beliau.
(HR Tirmidzi, Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Ibnu Majah dan Ahmad)
(HR Tirmidzi, Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Ibnu Majah dan Ahmad)
Hani binti Abu Thalib meriwayatkan:
Saya melihat rambut Rasulullah di ikat menjadi 4 bagian.
(HR Tirmidzi dan Ahmad)
(HR Tirmidzi dan Ahmad)
GIGI NABI SAW
Ibnu Abbas r.a meriwayatkan:
Gigi depan Rasulullah tampak renggang. Ketika berbicara, di antara gigi depan beliau itu seperti keluar cahaya.
(HR Tirmidzi, Bagawi, Darimi, Baihaqi dan Thabrani)
(HR Tirmidzi, Bagawi, Darimi, Baihaqi dan Thabrani)
KULIT NABI SAW
Ali bin Abi Thalib meriwayatkan:
Kulit tubuh beliau putih kemerah merahan. (HR Tirmidzi, Ibnu Sa’d dan Baihaqi)
Hasan bin Ali r.a. meriwayatkan:
Saya pernah bertanya kepada paman saya, Hindun ibnu Abi Halah -yang sangat pandai menggambarkan sesuatu- tentang karakteristik fisik Rasulullah. Saya menginginkan agar ia menggambarkan sifat sifat beliau yang mirip dengan sifat sifat saya. Hindun menjawab, ” …………. kulit beliau cerah, putih kemerah merahan……..”
(HR Tirmidzi, Ibnu Sa’d, Baihaqi dan Ibnu Adi)
(HR Tirmidzi, Ibnu Sa’d, Baihaqi dan Ibnu Adi)
Abu Hurairah r.a. meriwayatkan:
(Kulit) Rasulullah itu putih bersih seolah olah beliau tercipta dari perak. Baliau juga memiliki rambut yang indah dan rapi. (HR Tirmidzi)
Sa’id al-Jurairi meriwayatkan bahwa Abu Thufail berkata:
Saya pernah melihat Nabi dan tidak ada lagi di muka bumi ini seorangpun yang pernah melihat beliau selain diriku. Sa’id bertanya, “Gambarkanlah beliau kepadaku!”
Abu Thufail menjawab: “Beliau putih, elok dan sedang (tidak gemuk atau kurus, tidak tinggi atau pendek).
(HR Tirmidzi, Muslim, baihaqi, Ibnu Sa’d dan Bagawi)
Abu Thufail menjawab: “Beliau putih, elok dan sedang (tidak gemuk atau kurus, tidak tinggi atau pendek).
(HR Tirmidzi, Muslim, baihaqi, Ibnu Sa’d dan Bagawi)
KESELURUHAN
Hasan bin Ali r.a. meriwayatkan:Saya pernah bertanya kepada paman saya, Hindun ibnu Abi Halah -yang sangat pandai menggambarkan sesuatu- tentang karakteristik fisik Rasulullah. Saya menginginkan agar dia menggambarkan sifat sifat beliau yang mirip dengan sifat sifat saya.
Hindun menjawab, ” “Tubuh Rasulullah besar. Wajah beliau bersinar seperti bulan purnama. Postur tubuh beliau lebih tinggi ddaripada ukuran tubuh yang biasa serta lebih pendek dari ukuran tubuh orang yang jangkung dan krempeng. Kepala beliau besar dan rambut beliau ikal. Apabila rambut beliau meulai memanjang, maka beliaupun menyisirnya. Jika tidak (disisir), maka rambut beliau ketika tergerai, tidak pernah melebihi bagian bawah daun telinga beliau. Kulit beliau cerah, putih kemerah merahan. Dahi beliau lebar, alis beliau melengkung dan panjang, kedua alisnya hampir menyatu. Diantara kedua alis tersebut, terdapat urat yang memerah (yang akan terlihat) ketika beliau marah. Beliau memiliki hidung yang mancung dengan bagian atas yang bercahaya sehingga orang yang tidak memperhatikan dengan cermat akan mengira hidung beliau bengkok. Jenggot beliau lebat dan kedua pipi beliau datar. Mulut beliau lebar, antara gigi terebut berjarak, dada beliau berbulu halus. Leher beliau jenjang dan indah.
Postur tubuh beliau bagus dan gemuk ideal. Perut beliau sama rata dengan dada. Dada beliau lebar. Tubuh antara dua bahu beliau juga lebar. Persendian tubuh beliau besar, sementara bagian tubuh yang tidak berbulu tampak bercahaya. Diantara bagian atas dada dan pusar beliau, terdapat bulu tipis yang tampak seperti garis (vertical). Tetapi kedua susu dan perut beliau tidak berbulu. Tangan, pundak dan dada bagian atas beliau berbulu tipis. Tangan beliau panjang, telapak tangan beliau lebar, telapak tangan dan telapak kaki beliau tebal, dan jari jemari beliau panjang. Di tengah tengah telapak kaki beliau tidak menyentuh tanah. Kedua telapak kaki beliau halus sehingga airpun tidak menempel – air yang mengenainya langsung hilang, tanpa meninggalkan bekas. Ketika berjalan, tubuh beliau bergoyang. Beliau berjalan dengan tenang dengan langkah yang lebar. Ketika beliau berjalan seakan akan beliau sedang menuruni tanah yang landai.
Ketika menoleh, beliau menoleh (berbalik) dengan seluruh badan beliau. Beliau sering menundukkan pandangan – beliau lebih sering memandang ke bawah dari pada mendongak ke atas. Beliau selalu melihat sesuatu dengan penuh perhatian. Ketika berjalan bersama para sahabat, beliau selalu membiarkan mereka berjalan di depan, dan setiap kali bertemu dengan seseorang, beliau selalu mengucapkan salam terlebih dahulu”
(HR Tirmidzi, Ibnu Sa’d, Baihaqi dan Ibnu Adi)
RUPA DAN AKHLAQ NABI
Muhammad Ali Shaban (dari Teladan Suci Keluarga Nabi)Diberitakan bahwa Nabi s.a.w. memiliki tubuh yang sedang tingginya, yakni tidak terlalu jangkung dan tidak terlalu pendek, namun lebih mendekati jangkung. Dadanya bidang yang menunjukkan akan kepandaiannya. Kepalanya besar, sebagai ciri akan kesempurnaan kekuatan otak. Rambutnya ikal berombak,
tidak terlalu kaku dan tidak terlalu lemas, dan panjangnya tidak melampaui kuping telinganya sekalipun tumbuh lebat (dalam riwayat lain, melampaui kuping telinganya dan panjang, dan bahkan ada yang mengatakau bahwa rambut beliau panjang terurai sampai mencapai pundaknya).
Semua riwayat ini mungkin saja, sebab rambut beliau itu adakalanya pendek dan adakalanya panjang. Ibn Al Qayyim mengatakan bahwa Naibi tidak menggunting rambutnya kecuali hanya empat kali, yaitu di dalam nusuk-nya. Sebab tidak ada kepastian mengenai kapan beliau menggunting rambutnya kecuali dari waktu nusuk tersebut, sebagaimana yang disebutkan di dalam Al-Mawahib.
Beliau membiarkan rambutnya terurai ke muka mirip jambul. Hal ini mengikuti cara ahli kitab dan menyalahi orang-orang musyrikin. Tetapi kemudian, beliau menyisir rambutnya dan membaginya menjadi dua bagian, ke sebelah kanan dan ke sebelah kiri. Karena hal ini lebih mendekati kepada kebersihan dan tidak akan sampai berlebih lebihan dalam mencucinya.
Di dalam Al-Syama’il disebutkan bahwa Ummu Hani berkata:
“Saya telah melihat Rasulullah s.a.w. memilin rambutnya. Mukanya bulat bercahaya cemerlang. Kulitnya berwarna putih kemerah-merahan, tidak pucat. Dahinya lebar. Alisnya tipis memanjang seolah olah diukir bersambung. Hidungnya mancung, di atasnya bersinar. Pipinya halus dan rata. Mulutnya lurus — bagi orang Arab, mulut besar pada orang laki-laki itu sangatlah terpuji. Giginya putih bersih, bagus, dan agak renggang. Bila tertawa, berkilaulah cahaya dari giginya itu laksana mutiara. Matanya lebar dan sangat hitam, serta ada sinar merah pada bagian putih matanya. Lehernya indah, putih laksana perak. Janggutnya lebat. Dari dada sampai ke pusarya tumbuh bulu bulu halus. Badannya tidak terlalu gemuk dan tidak terlalu kurus. Dadanya bidang sedang perut dan dadanya rata. Persendiannya besar, demikian pula lengan atas, lengan bawah, paha dan betisnya. Telapak tangannya lebar sebagai tanda kedermawanan. Jari-jari tangannya panjang manis, tidak berlebihan. Telapak tangannya lebih lunak daripada beludru. Kedua lengan dan pundaknya berbulu.
Kedua telapak tangan dan kakinya besar. Kedua lekuk telapak kakinya renggang dari tanah. Kedua kakinya halus, tidak ada eaeat sedikit pun. Beliau berjalan dengan tenang dan mantap, berwibawa, seakan-akan turun dari tempat yang tinggi. Jika menoleh, maka seluruh badannya ikut berpaling, tidak hanya dengan
lehernya. Suaranya jelas dan merdu. Badannya senantiasa berbau harum walaupun tidak disentuh minyak wangi, dan keringatnya lebih wangi dari pada kesturi.”
Pandangannya — ketika beliau diam — lebih banyak tertuju ke bawah daripada, ke atas. Sebab hal ini lebih mudah untuk memusatkan pikiran. Tetapi ini tidak menafikan keadaan beliau ketika berbicara, sebagaimana yang diwartakan oleh Abu Dawud bahwa jika beliau duduk berbincang-bincang, beliau banyak memandang ke arah langit. Banyak merundukkan pandangan itu juga merupakan kinayah akan sifat malu yang sangat. Kebanyakan pandangannya itu adalah memperhatikan.
Di pundak beliau agak ke sebelah kiri arah ke jantung, terdapat khatim nubuwah, berupa daging tumbuh berwarna merah agak hitam, sebesar telur burungdara yang di atasnya tumbuh bulu-bulu halus. Di dalam kitab-kitab kuno hal ini disebut sebagai tanda kenabiannya.
Sewaktu berjalan di belakang para sahabatnya, beliau mengatakan: “Biarkan daerah belakangku untuk para malaikat!” “
Beliau senantiasa lebih dahulu memberi salam kepada orang yang dijumpainya, sekalipun itu anak-anak. Di antara seluruh manusia tabiatnya paling halus, paling baik akhlaknya, paling besar rasa sautun dan maafnya, paling unggul akalnya, paling dermawan, paling jujur ueaparmya, paling banyak malunya, paling banyak maaf dan ampunan serta tawadhu-nya paling memperhatikan dan memelihara hak-hak persahabatan, paling lembut hatinya, dan paling takut kepada Allah Ta’ala.
Dalam hal ini, Abulhasan Al—Asy’ari mengatakan, dalam Al-Ijaz, bahwa Rasulullah itu takut kepada Allah tanpa khauf.
Ahli hak mengatakan bahwa takut beliau itu adalah takut akan siksaan Allah sebelum Allah memberikan jaminan keselamatan bagi beliau dari hal tersebut, dan takut akan celaan Allah di dunia. Seperti yang dikatakan kepadanya tatkala beliau memalingkan mukanya dari Ummi Maktum (dalam Al-Quran surah
Abasa). Adapun sesudah ada jaminan dari Allah itu, maka tidak seyogianya beliau me-irasa takut, sebab hal itu menunjukkan ketiadaan rasa yakin akan janji Allah tersebut. Tetapi ada juga yang mengatakan bahwa rasa takutnya akan siksaan itu berdasarkan llrman Allah: . . . Tiada yang merasa aman dari azab Allah
kecuali 0rang—0rang yang merugi. (QS Al-A’raf: 99)
Katakanlah, ‘Aku bukanlah rasul yang pertama di antara rasul-rasul dan aku tidak mengetahui apa yang akan diperbuat terhadapku . . .’ (QS Al-Ahqaf: 9)
Doa Nabi s.a.w. adalah: Ya Allah, aku berlindung dengan keridhaan-Mu dari kemurkaan-Mu, dan dengan perlindungan-Mu dari siksaan-Mu. Ya Allah, aku berlindung kepada Mu dari siksaan neraka dan dari fitnah kehidupan dan kematian.
Mungkin saja jaminan keamanan itu hanya merupakan cobaan, siasat dan syarat yang terdapat di dalam pengetahuan Allah. Ayat-ayat dan doa di atas, memberikan hujah bahwa ayat yang pertama adalah khusus untuk selain para nabi dan malaikat; sedangkan ayat yang kedua terhapus (mansukh), maksudnya: “Aku tidak tahu apa yang akan diperbuat terhadapku (di dunia) ….. ”
Karena rasa takut yang sangat terhadap Allah SWT itu, kadang-kadang Rasul tidak ingat akan jaminan keselamatan yang telah diberikan oleh Allah kepadanya, sehingga muncullah dari dirinya permohonan-permohonan perlindungan seperti tersebut di atas.
Demikianlah tersebut di dalam Al Syihab ala al Syifa, dengan ringkas. Bellau paling berani di tempat-tempat yang menakutkan. Selalu tersenyum; dan dalam riwayat lain, selalu sedih dan senantiasa berpikir. Kedua riwayat ini adalah mungkin, karena yang pertama terjadi pada saat beliau bergaul dengan
keluarga, bertemu dengan tamu dan bercakap-cakap dengan para sahabat; sedang yang kedua, di kala beliau sendirian beribadat dan berkhalwat. Beliau banyak diam, tidak berbicara tanpa ada keperluan. Bicaranya sempurna dan jelas, sehingga tiap tiap huruf tidak tersembunyi dari pendengaran orang yang mendengarnya. Dan adakalanya beliau mengulangi ucapannya sampai tiga kali, untuk dapat dipaharni.
Beliau bukanlah seorang yang kasar dan bukan pula seorang yang suka mencela. Beliau sangat mengagungkan nikmat sekalipun sedikit, dan tidak nernah mencela makanan atau memujinya; bila makanan itu menarik hatinya, maka makanan itu dimakannya, dan bila tidak maka ditinggalkannya. Beliau makan de-
ngan ketiga jarinya, dan adakalanya menggunakan jarinya yang keempat untuk membantu.
Selesai makan, beliau menjilat jari-jari tangannya, dimulai darl jari tengah dan diakhiri pada ibu jari. Beliau minum dengan tiga kali napas, sambil mengucapkan basmalah di tiap napas dan hamdalah sesudahnya. Beliau minum dengan menghirup, bukan dengan menggelogok ( dengan sekali teguk). Beliau minum sambil duduk, dan kadang-kadang karena sesuatu halangan beliau minum sambil berdiri, atau untuk menunjukkan bahwa hal itu dibolehkan.
Beliau makan apa adanya, dan tidak pernah memaksakan diri terhadap apa yang tidak ada. Jika tidak mendapatkan makanan, beliau bersabar hingga kadang-kadang beliau mengikatkan sebuah batu di perutnya. Pernah beberapa malam berturut-turut beliau tidak makan apa—apa. Beliau tidakpernah dikenyangi oleh roti atau daging dua kali sehari, atau dikenyangi oleh roti selama tiga hari berturut-turut. Kebanyakan roti yang dlmakan beliau adalah terbuat dari sya’ir (gandum kasar), dan kebanyakan makanannya adalah kurma dan air. Beliau tidak pernah makan roti halus (yang tepungnya sudah diayak), dan tidak juga makan di atas meja, tetapi di atas seprah, dan adakalanya hanya digeletakkan di atas tanah saja.
Beliau tidak makan sambil bersandar. Sabda beliau: Aku makan sebagaimana makannya seorang hamba, dan duduk sebagaimana duduknya seorang hamba. Semua kesempitan ini adalah pilihan beliau sendiri, yang tidak suka akan kemewahan. Karena Allah pernah mengajukan pilihan dengan perantaraan malaikat Israfil untuk menjadikan bukit Tihamah sebagai permata, emas dan perak. Namun beliau, sesuai saran Jibril, memilih kehidupan sederhana saja. Beliau menyukai daging, terutama yang berasal dari bagian dzira’. Dan beliau pun menyukai buah dabba’ (sejenis labu), al-baqlah al-hamqa’ (sejenis tumbuh—tumbuhan), madu dan manis manisan. Di dalam Al-Syama’il karya Al—Turmidzi disebutkan bahwa beliau suka makan daging ayam dan hubara (nama burung). Bukhari meriwayatkan bahwa beliau juga memakan daging keledai liar, onta dan kelinci. Dan Muslim meriwayatkan bahwa beliau juga memakan daging ikan.
Buah-buahan yang paling disukai beliau adalah buah anggur dan semangka. Imam A1-Ghazali berkata: “Beliau memakan semangka bersama roti dan gula, dengan menggunakan kedua belah tangannya” Namun Al Manawi mengatakan bahwa tidak benar beliau pernan melihat gula. Dan berita dari Al-Suhail bahwa beljau pernah diberi gula oleh seorang Nasrani, tidaklah pasti.
Beliau menolak mudarat sebagian makanan dengan makanan lain. Seperti, buah kurma kering dan keju, semangka atau krei dengan kurma masak, Beliau tidak pernah makan hanya sejenis makanan, dan beliau melarang memakan hanya roti, tanpa lauk lain. Beliau juga melarang tidur sesudah makan.
Pakaiannya sederhana, dan kebanyakan terbuat dari kain kasar. Tidak pernah menurunkan lengan kemeja atau sarungnya, melainkan diangkatnya sarungnya sampai di atas mata kaki atau pertengahan betisnya, dan menjadikan lengan bajunya sampai di pergelangan tangannya. Yang paling disukai beliau adalah kemeja, sebagaimana disebutkan di dalam Al-Syama’il dari Ummu Salmah radhiyallahu anha (na.) Di samping itu, kitab tersebut dan Sahih Bukhari serta Sahih Muslim menyebutkan dari sahabat Anas bahwa pakaian yang paling disukai beliau adalah jubah. Beliau menyukai pakaian yang berjahit dan suka memakai pakaian berwarna putih, hitam, kuning, merah, polos atau bergaris-garis tanpa dicelup, dan hijau. Serbannya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, berwarna putih, hitam, dan kuning. Namun kebanyakan beliau memakai serban berwarna putih. Biasanya, beliau menurunkan rumbai serbannya sampai ke pundaknya, sedikitnya empat jari dan sebanyaknya satu hasta. Beliau memakai serban dengan kopiah, dan kadang•kadang tanpa kopiah, atau kopiah saja tanpa serban. Beliau sering memakai tutup kepala. Beliau juga membeli celana, tetapi terdapat perselisihan pendapat tentang apakah beliau memakainya atau tidak. Adapuu celupan yang paling disukai be-
liau adalah yang berwama kuning.
Beliau pun mengenakan cincin perak yang matanya terbuat dari perak juga; dan cincin perak yang matanya dari akik. Adakalanya dipakainya di jari kanan dan kadang-kadang di jari kiri. Namun yang sering adalah di jari kanan. Biasanya mata cincinnya itu menghadap telapak tangarmya. Adapun ukiran pada cincinnya itu berbunyi: “Muhammad Rasulullah”, sebanyak tiga baris.
Al—Manawi, dalam Al-Syama’iL mengemukakan sebuah hadis yang bersumber dari sahabat Anas, bahwa Rasul s.a.w. tidak suka memakai cincin yang matanya terbuat dari selainnya.
Kasur beliau terbuat dari kulit yang berisi sabut atau pakaian kasar dari wol. Adakalanya beliau tidur di atas tikar atau di atas tanah tanpa suatu alas. Beliau tidur dengan membaringkan dirinya pada rusuk kanannya dan meletakkan kepalanya di telapak tangannya.
Kalau berjalan, kadang-kadang beliau memakai sandal dan kadang-kadang tidak, tetapi yang sering adalah memakai sandal. Sandal beliau terbuat dari kulit sapi yang sudah disamak. Kedua sandal tersebut mempunyai tall yang terletak diantara jari telunjuk dan ibu-jari, di antara jari tengah dan jari manis kaki. Sandal
tersebut panjangnya satu jengkal dan dua jari, lebarnya pada bagian tumit tujuh jari sedangkan pada bagian jari-jari lebarnya enam jari dan pada bagian tengah lima jari. Demikian yang dlkatakan oleh Al-Hafidz Al-Iraqi.
Beliau juga menunggang kuda, unta, dan keledai; sedangkan baghal sangat sedikit sekali terdapat di tanah Arab, namun beliau pernah diberi hadiah seekor baghal, lalu beliau menungganginya. Kadang-kadang beliau menunggang sendirian, dan kadang-kadang menggonceng sahayanya atau isterinya‘ atau lainnya.
Kebanyakan duduk beliau adalah muhtabiyan dengan kedua tangannya. Beliau s.a.w. sangat menyukai wangi wangian dan sangat membenci bau busuk. Minyak wanginya berupa misik dan ghaliyah, gahru yang dibakar anbar dan kafur. Setiap akan tidur, beliau memakai celak itsmid, tiga kali pada tiap-tiap mata. Beliau meminyaki rambutnya, menggunting ujung kumisnya dan meratakan janggutnya. Janggutnya dirapikannya dengan sisir dan air. Beliau juga melumuri bulu yang tumbuh di bawah pusarnya dengan kapur; tapi dalam riwayat lain disebutkan bahwa beliau mencukurnya, bukan melumurinya dengan kapur. Kedua riwayat ini dapat dipakai, karena mungkin suatu ketika beliau mencukurnya dan pada saat lain melumurinya dengan kapur. Cara cara pengobatan yang dilakukan adalah dengan terapi alamiah dan Ilahiah.
Mengenai kemarahan dan kerelaannya dapat dilihat dari wajahnya, namun beliau tidak pernah marah untuk kepentingan dirinya, tapi marah untuk kebenaran hingga kebenaran itu menang. Jika memberi isyarat, beliau mengisyaratkan dengan telapak tangan semuanya. Bila bergurau, beliau tidak mengatakan kecuali yang benar. Tertawa beliau adalah senyurn. Beliau memuliakan orang-orang mulia pada tiap tiap kaum dan tidak pernah manghina atau merendahkan seseorang. Beliau menyimak syair syair dan memberi hadiah kepada para penyair; sebab pujian mereka terhadap diri beliau itu adalah hak, berbeda dengan yang lain, biasanya dusta. Karena itu beliau berkatai “Taburkanlah tanah di muka orang-orang yang suka memuji!”
Beliau selalu menaruh perhatian terhadap para sahabatnya dan sering menanyakan tentang apa-apa yang terjadi di masyarakat. Beliau menyuruh agar disampaikan kepadanya keadaan orang-orang yang rnembutuhkan sesuatu yang tidak dapat memenuhi kebutuhannya tersebut, dan melarang menyampaikan kepada nya berita buruk salah seorang sahabatnya. Katanya: “Aku ingin keluar menemui kalian dalam keadaan hati yang bersih”
Beliau menjadikan balk perbuatan baik dan membenarkannya, serta ;menjadikan buruk perbuatan buruk dan menghinakannya. .
Beliau tidaklah duduk atau berdiri, melainkan dengan menyebut nama Allah. Jika beliau tiba pada suatu kaum, maka beliau duduk di barisan terakhir majelis itu. Dan beliau menyuruh yang demikian itu. Beliau tidak suka orang-orang berdiri menghormat untuknya. Karena mengetahui ketidaksukaan beliau tadi, maka apabila para sahabatnya melihat beliau, mereka tidak bangkit berdiri. Demikian tersebut di dalam Al-Syama’il dari sahabat Anas.
Sedangkan Al Baihaqi meriwayatkan dari sahabat Abu Hurairah, bahwa jika Nabi s.a.w. hendak pulang dan
berdiri untuk masuk ke rumalmya, maka para sahabat pun berdiri untuknya. Kedua riwayat di atas dapat dipertemukan sebagai berikut: Jlka para sahabat 1 melihat bellau di tempat jauh sedang lewat dan tidak sedang menuju ke arah mereka, atau beliau pulang pergi berulang-ulang ke majells, maka mereka tidak bangkit berdiri. Tetapi kalau beliau datang untuk pertama kalinya atau beranjak hendak pulang rneninggalkan mlereka, maka para sahabat itu bangkit berdiri menghormat beliau.
Beliau memberikan hak masing-masing orang menurut status orang tersebut, sehingga setiap orang merasa bahwa tidak ada yang lebih mulla di sisi beliau dari dirinya sendiri.
Beliau senang sekali mengunjungi orang-orang sakit – hatta sebagian orang orang kafir dan rnunafik mengantar jenazah, dan memenuhi panggilan orang orang yang mengundang beliau. Dan beliau tidaklah melepaskan jabat-tangan seseorang yang menyalaminya, hingga orang itu sendirilah yang melepaskan geng-
gamannya.
Tidaklah beliau menghadapi dua pilihan, melainkan dipilihnya perkara yang lebih mudah sepanjang hal itu tidak mendatangkan dosa. Beliau melobangi sendiri sandalnya, menambal sendiri bajunya, memeras sendiri susu kambingnya, dan melayani keluarganya. Tidak pernah membentak seorang pelayan pun dan tidak pernah mengatakan kepada mereka akan sesuatu yang telah mereka kerjakan: ”Kenapa kau lakukan itu!” Atau sesuatu yang tidak mereka kerjakan: “Kenapa tidak kau lakukan itu!”
Beliau tidak pernah menghimpunkan dua benda, seperti dua kemeja, dua sarung, dua serban dan sebagainya.
Beliau duduk-duduk bersama orang orang miskin dan makan makan bersama mereka. Beliau menghormati tamunya dengan membentangkan bajunya, dan tidak pernah terlihat beliau menjulurkan kedua kakinya di hadapan para sahabat nya. Barangsiapa meminta sesuatu kebutuhan kepadanya tidak pernah ditolaknya
kecuali dengan apa yang diminta orang itu atau dengan perkataan yang baik. Beliau berusaha mencari orang orang yang membutuhkan bantuan. Beliau ibarat seorang bapak bagi para sahabatnya. Mereka semua di sisi beliau sama, tidak ada lebih melebihi kecuali dengan takwa.
Majelis beliau adalah majlis tenang penuh dengan sifat penyantun, malu dan amanat, tidak terdengar suara-suara keras dan tidak pula terhadap kata kata yang tidak berguna. Beliau bukanlah seorang yang suka mencaci atau yang suka berkata keji. Juga tidak pernah mencela atau menghina seorang pun. Beliau tidaklah berbicara kecuali dengan perkataan yang diharapkan pahalanya. Jika beliau berbicara, para sahabat beliau menekurkan kepalanya seolah-olah di atas kepala mereka bertengger seekor burung, dan jika beliau diam, barulah mereka berbicara. Mereka tidak pernah berbantah-bantahan di hadapan beliau, tetapi bila ada yang berbicara yang lain diam hingga orang yang berbicara itu selesai berbicara.
Allah telah menghimpunkan seluruh akhlak mulia pada pribadi beliau, dan telah pula mendidik beliau dengan didikan yang sebaik baiknya, serta telah memelihara beliau – sejak beliau masih kanak-kanak hingga dewasa — dari segala perbuatan buruk dan tercela. Semoga shalawat dan salam dari Allah senantiasa tercurah atas beliau, keluarga dan para sahabat beliau.***
MATA NABI SAW
Jabir bin Samurah ra. meriwayatkan:Mata Rasulullah putih kemerah merahan, dan daging tumit beliau sedikit.
(HR Tirmidzi, Muslim, Baghawi, Abu Dawud-Thayalisi dan Ahmad)
WAJAH NABI SAW
Jabir bin Samurah ra. Meriwayatkan:Saya melihat Rasulullah pada sebuah malam yang terang benderang oleh cahaya bulan. Beliau mengenakan baju berwarna merah. Saya menatap beliau dan memandang bulan. Sungguh, menurutku beliau leibh indah daripada bulan.
(HR Tirmidzi, Darimi, Abu Syaikh, Hakim dan Thabrani)
Al –Bara’ ibnu Azib:
Diriwayatkan bahwa seorang lelaki bertanya kepada Al-Bara’ ibnu Azib ra.: “Apakah wajah Rasulullah (berkilau) seperti pedang?” Al Bara menjawab, “Tidak. Wajah beliau bagaikan bulan”
(HR Tirmidzi, Bukhari, Darimi dan Ahmad)
Jabir bin Abdillah meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda:
“Para Nabi diperlihatkan kepadaku. Aku melihat Musa a.s.; ternyata ia seperti seorang laki laki dari Syanuah*. Aku melihat Isa ibnu Maryam a.s.; ternyata orang yang kulihat paling mirip dengannya adalah Urwah ibnu Mas’ud**. Kemudian aku juga melihat Ibrahim a.s.; ternyata orang yang kulihat paling mirip dengannya adalah sahabat kalian ini (maksudnya, Rasulullah saw sendiri). Lalu kulihat Jibril a.s; dan ternyata orang yang kulihat paling mirip dengannya adalah Dihyah***”
(HR Tirmidzi, Muslim dan Ahmad)
*Syanuah adalah nama kabilah di Yaman. Orang orang dari Kabilah ini biasanya memiliki tubuh yang tidak terlalu gemuk dan tidak terlalu kurus.
**Urwah ibnu Mas’ud ats-Tsaqafi adalah lelaki yang diutus oleh kaum Quraisy untuk menemui Rasulullah saat perjanjian Hudaibiyah, kemudian ia masuk Islam pada tahun 9 H. Urwah inilah yang dimaksud dalam firman Allah SWT: ‘MEngapa Al Quran ini tidak titurunkan kepada orang orang besar (kaya dan berpengaruh) darisalah satu dua negri ini (Madinah dan Thaif)?” (Az-Zukhruf (43):31)
***Dihyah al Kalbi adalah seorang sahabat yang turut serta dalam banyak peperangan bersama Rasulullah setelah Perang Badar. Ia juga turut dalam peristiwa Bai’atur-Ridwan. Jibril seringkali mendatangi Rasulullah dengan menyerupai Dihyah ini. Dihyah sendiri tinggal di Syam, lalu pindah ke Mizzah hingga ia wafat di sana pada masa pemerintahan Mu’awiyah. Dihyah pulalah yang di utus Rasulullah untuk menemui Heraklius.
Said al-Jurairi meriwayatkan bahwa Abu Thufail berkata:
“Saya pernah melihat Nabi dan tidak ada lagi di muka bumi ini seorangpun yang pernah melihat beliau selain diriku” Said bertanya, “Gambarkanlah beliau kepadaku!” Abu Thufail berkata, “Beliau putih, elok dan sedang (tidak gemuk dan tidak kurus, tidak tinggi dan tidak pendek)”
(HR Tirmidzi, Muslim, Baihaqi, Ibnu Sa’d dan Bagawi)
No comments:
Post a Comment